Social Icons

Pages

Sabtu, 24 September 2011

Serial Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia ke-10 Tahun 2011: Pengumuman Finalis

Alhamdulillah...
aseeeeeeeeeeeek namaku ada...

Setelah melalui proses menyeleksi, membaca dan menganalisis dengan seksama karya tulis peserta PEMILIHAN PENELITI REMAJA INDONESIA (PPRI) KE-10 TAHUN, maka Dewan Juri memutuskan dan menetapkan Finalis PPRI Ke-10 Tahun 2011, sebagai berikut:

Bidang IPT

  1. Voni Dewi Pratiwi, Indah Sri Wahyuni, dan Atik Rochmawati, Fakultas Matematika STKIP PGRI Jombang, dengan judul “Pemanfaatan Tenaga Surya Untuk Desalinasi Dengan Menggunakan Pipa Penguap”.
  2. Gregorius Rionugroho dan Harum Nissa, Fakultas Teknik, Jurusan Kimia,Universitas Diponegoro, dengan judul “Pemanfaatan Minyak Goreng Bekas Dan Abu Kulit Buah Kapuk Randu (Soda Qie) Sebagai Bahan Pembuatan Sabun Mandi Organik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan”.
  3. David Prastyan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung, dengan judul “Perancangan Material Komposit Dinding Ringan Aman Gempa Dengan Pemanfaatan Limbah Kayu”.
  4. Henry Sanaga Prastyo dan Yosephine Yulia Margaretha, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Kimia, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dengan judul “Pemanfaatan Limbah Cangkang Keong Sawah Untuk Pembuatan Biodiesel”.
  5. Pendi Setyawan, Fakultas Pertanian, Jurusan Budidaya Pertanian, Universitas Brawijaya, dengan judul “Biskuit Tinggi Energi Dari Tepung Ubi Jalar Ungu Sebagai Pangan Fungsional Untuk Korban Bencana Alam”.

    Bidang IPA
    1. Ariyanti dan Elly Indahwati, Fakultas MIPA, Jurusan Kimia, Universitas Negeri Surabaya, dengan judul “Intensifikasi Minyak Biji Trembesi (Samanea saman Jacq. Merr semen) Secara Transesterifikasi Dua Tahap Pada Proses Pembuatan Biodiesel Berkualitas”.
    2. Mirza Zaka Pratama, Fakultas Kedokteran Umum, Universitas Brawijaya, dengan judul “Inovasi Terbaru Pencegahan Penyakit Jantung Koroner Menggunakan Vaksinasi Berbahan Bakteri Salmonella typhimurium”.
    3. Delthawati Isti R, Rina Supriyani, dan Janu Arlinwibowo, Fakultas MIPA, Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Yogyakarta, dengan judul “Inovasi Alat Ukur Besaran Fisika Berhuruf Braille Guna Mendukung Kelancaran Siswa Tunanetra Dalam Mempelajari Materi Pengukuran”.
    4. Antoni Budhi Prasetyo, Fakultas MIPA, Jurusan Kimia, Institut Teknologi Bandung, dengan judul “Potensi Pemanfaatan Limbah Kulit Jeruk Sebagai Kemasan Makanan Alami Yang Inovatif”.
    5. Adityawarman dan Deviana Ayu Aresma Fakultas MIPA, Program Studi Biologi, Universitas Lambung Mangkurat, dengan judul “Potensi Tanaman Ischaemum Barbatum Yang Berasosiasi Dengan Cendawan Mikoriza Arbuskula (CMA) Sebagai Bioremediator Lahan Kritis”.

    Bidang IPSK
    1. Bahroin Idris Tampubolon, Fakultas Ekonomi & Manajemen, Jurusan Ekonomi Sumberdaya & Lingkungan, Institut Pertanian Bogor, dengan judul “Eksternalitas Negatif Aktivitas Penambangan Batu Gamping: Perhitungan Secara Willingness To Accept Di Kabupaten Bogor”.
    2. Dini Khoirinnisa dan Ayu Kartika Sari, FISIP, Jurusan Sosiologi, Universitas Indonesia, dengan judul “Evaluasi Relasi Perusahaan dengan Stakeholder dalam Kerangka Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Korporasi (CSR) PT. Krakatau Steel, Cilegon, Banten”.
    3. Muhammad Amiruddin, Vicky Dian Pratamasari dan Alfan Suhandi, Fisipol, Jurusan Sosiologi, Universitas Gadjah Mada, dengan judul “Keluar Dari Kemelut Bencana: Transformasi Sosial Masyarakat Pasca Bencana Erupsi Merapi Melalui Wisata Bencana Merapi Di Desa Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta”.
    4. Puji Lestari Anugrah dan Irma Gusmayanti, Universitas Indonesia, dengan judul “Proyek Pengadaan Pupuk Organik Melalui Pengolahan Sampah Pasar Tradisional Cikajang”.
    5. Hikmawaty Sabar dan Akhmad Affandi, Fakultas Bahasa dan Sastra, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Negeri Makassar, dengan judul “Perilaku Sosial Politik Towani Tolotang (Potret Perjuangan Masyarakat Towani Tolotang dalam Mempertahankan Eksistensinya)”.

    Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang Saudara untuk mempresentasikan karya ilmiah di hadapan Dewan Juri pada tanggal 3 Oktober 2011, bertempat di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jakarta. Saudara diwajibkan hadir untuk registrasi pada:

    Hari / Tanggal : Minggu, 2 Oktober 2011
    Pukul : 14.00 WIB s.d. selesai
    Tempat : Hotel Bumi Wiyata Jl. Margonda Raya, Depok, Jawa Barat

    Untuk keperluan acara tersebut, beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan antara lain:
    1. Materi presentasi (format Power Point atau program sejenis lainnya), dan alat peraga (bila ada).
    2. Membuat Standing Banner/X-Banner (tinggi 158 cm, lebar 60 cm) karya ilmiah.
    3. CD berisi karya tulis lengkap dan bahan presentasi.
    4. Baju batik untuk acara kunjungan.
    5. Akomodasi di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat mulai tanggal 2 Oktober 2011 pukul 14.00 WIB sampai dengan 5 Oktober pukul 09.00 WIB ditanggung oleh Panitia.
    6. Panitia menyediakan konsumsi di Hotel Bumi Wiyata mulai tanggal 2 Oktober 2011 pukul 19.00 WIB sampai dengan 5 Oktober pukul 09.00.
    7. Panitia hanya menanggung biaya akomodasi dan konsumsi untuk 1 orang, yaitu ketua kelompok atau yang ditunjuk oleh kelompok.
    8. Biaya transportasi dari dan ke tempat asal ditanggung oleh Finalis.

    Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia PPRI Ke-10 Tahun 2011, Telp. 021-5225711, Ext. 273 atau Sdr. Indriyani: 081319165778.
    Atas Perhatian Saudara, kami mengucapkan terima kasih.

    Panitia PPRI ke-10 Tahun 2011
    Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan Iptek BKPI LIPI
    Sasana Widya Sarwono Lt. 5
    Jl. Jend. Gatot Subroto No. 10, Jakarta 12710
    Telp (021) 5225711, Ext. 273
    Fax. (021) 52920839
sumber: www.lipi.go.id



1 komentar: