Social Icons

Pages

Sabtu, 24 Desember 2011

Tarif Murah, Pemulung Jadikan Ponsel Sebagai Basis Komunikasi

Dampak tarif telekomunikasi yang murah terhadap upaya peningkatan kulitas hidup masyarakat Indonesia nampaknya sangat terlihat. Dalam suatu perjalanan pulang, saya melihat pemulung yang membawa gerobak sedang membawa ponsel di daerah Sagan. Melihat fenomena tersebut saya tergelitik untuk mendokumentasikan gambar aktifitasnya. Uniknya lagi, ponsel dikemas dibalut dengan plastik transparan (karena bekerja di tempat yang berair dan kotor, pemulung berusaha melindungi ponselnya). Setelah berhasil mendokumentasikan, sedikit saya berbincang dengan pemulung tersebut. Beliau mengemukakan bahwa tarif telekomunikasi (XL) yang murah mempermudah dalam mendistribusikan barang. 




Beberapa hari kemudian, saya melihat fenomena sama, dimana terdapat pemulung menggunakan ponsel sebagai media informasi pendistribusian barang. Fenomena tersebut ditemukan di Makam Raja-raja Mataram Pajimatan Imogiri. Saat itu, saya berhasil mendokumentasikan aktifitas pemulung (botol plastik) ketika sedang menelpon. Alasan pemulung menggunakan ponsel adalah tarifnya yang murah (XL). Beliau memilih XL karena menurut pengalaman beliau XL memiliki tarif yang terjangkau dan tidak ada masalah sinyal di Pajimatan Imogiri (merupakan pegunungan daerah Bantul yang memang mamiliki jarak yang lumayan jauh dari kota, mendekati perbatasan dengan Gunung Kidul).



1 komentar: