Social Icons

Pages

Selasa, 27 September 2011

SERIAL KKN-PPL UNY 2011 di SMPN 2 Sewon

KKN-PPL merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam pelaksanaan KKN-PPL mahasiswa dituntut untuk dapat mengabdikan diri dan mengapresiasikan ilmu yang di dapat sewaktu kuliah. Untuk KKN-PPL yang berlokasi di SMP Negeri 2 Sewon, mahasiswa praktikan menyelenggarakan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan sarana-prasarana sekolah guna mewujudkan lingkungan sekolah yang lebih kondusif dan memberikan wadah siswa untuk mengapresiasikan hobi dan bakat.
Program yang diselenggarakan mahasiswa praktikan UNY tahun 2011 yang berlokasi di SMP Negeri 2 Sewon memiliki variansi yang relatif banyak, terdiri atas program fisik dan non fisik. Adapun program utama dari kesekian program adalah program peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-66.  Program ini dilaksanakan berjenjang menjelang hari kemerdekaan. Program terdiri atas sub program sebagai berikut:

Try Out Matematika Mempersiapkan UNAS
Try out dilaksanakan pada tanggal 13 agustus 2011 dengan jumlah peserta 13 siswa. Try out diselenggarakan dengan tujuan memberikan wawasan pada siswa mengenai situasi dan kriteria soal UNAS. Try out diselenggarakan bekerjasama dengan lembaga bimbingan belajar neutron yang berkonstribusi dalam pengadaan lembar jawab komputer. Pengadaan lembar jawab komputer menjadi salah satu faktor krusial yang sangat diusahakan ketersediannya. Hal tersebut dikarenakan untuk melatih siswa untuk mengerjakan soal diatas lembar jawab komputer. Pengalaman mengerjakan di atas lembar jawab komputer sangat berguna sebagai bekal pada saat UNAS karena bercermin pada kasus-kasus siswa kehabisan banyak waktu ketika mengisikan jawabannya di lembar jawab komputer. Atau bahkan untuk kasus yang lebih parah, pengalaman yang minimal membuat siswa tidak cermat dan berbuat kesalahan sehingga berpengaruh terhadap nilai.
Try out khusus kelas IX ini nantinya akan dipilih 3 siswa dengan nilai terbaik. Ketiga siswa tersebut akan diberi penghargaan simbolik berupa piala sebagai pengakuan juara. Penyerahan piala akan dilangsungkan pada upacara memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-66.
JUARA I        : DENDY WILDAN F (IX A)
JUARA II       : AHMAD NURLY (IX A)
JUARA III     : DANDY WICANTYO (IX A)



Lomba Melukis
Lomba melukis menjadi lomba yang sangat digemari oleh siswa-siswa kelas VII. Program yang dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2011 ini diikuti oleh 24 siswa yang seluruhnya merupakan siswa kelas VII. Dalam pelaksanaannya siswa diberi tema tentang kemerdekaan. Seluruh peserta bekerja dengan serius untuk melukis sebagus-bagusnya.
Menjadi perhatian semua praktikan dan pengunjung (siswa dan guru) adalah keberadaan dua ABK yang menjadi peserta lomba. Kedua siswa adalah anak penderita tunarungu, akan tetapi kemampuan melukisnya menarik perhatian semua pengunjung. Banyak sekali pengunjung yang terkagum-kagum dengan lukisan kedua anak tersebut.
Untuk penghargaan yang akan diambil 6 pemenang yang masing-masing akan diberi penghargaan simbolik dan karyanya akan dipajang di salah satu lokasi strategis sekolah. Juri pada lomba ini adalah guru mata pelajaran dan dua mahasiswa praktikan dari prodi seni rupa.
            Juara I             : Bagaskara Maharastu (VII H)
Juara II            : Gustian Hafid (VII H)
Juara III           : Risa Anindita (VII F)
Harapan  I       : Riska Oktaviana (VII F)
Harapan  II      : Sinta Kurnia (VII G)
Harapan  III    : Salsabila Anindya S.A. (VII F)



Seminar dan Lomba Karya Tulis
Seminar karya tulis menjadi program guna membangkitkan semangat menulis dan keilmiahan di SMP Negeri 2 Sewon. Prediksi dari mahasiswa praktikan, peserta seminar sangat sedikit, akan tetapi ternyata pada tanggal 10 Agustus 2011 hadir 32 siswa yang ingin mengikuti seminar ini. Seminar ini mendatangkan pembicara dengan yang telah menerbitkan beberapa buku, yaitu Ahmad Asroni, S.Fil, S.Th. Dalam kesempatan ini, Ahmad Asroni, S.Fil, S.Th menyampaikan materi cara mudah untuk menulis.
Setelah materi disampaikan, siswa dikondisikan untuk menulis suatu karya. Dalam pengondisian ini siswa bebas untuk menulis apapun yang ada di pikiranya. Agar siswa dapat berkonsentrasi dengan baik dan menghasilkan tulisan yang maksimal maka proses penulisan dilakukan di rumah dan diberi waktu 5 hari untuk menyelesaikannya.
Setelah diselesaikan, karya dikumpulkan dan langsung dikoreksi oleh Ahmad Asroni, S.Fil, S.Th untuk kemudian dipilih 3 nilai tertinggi. Dalam penilaian muncul fenomena bahwa jumlah karya fiksi dan non fiksi memiliki kuantitas yang hampir sama. Sedangkan menurut Ahmad Asroni, S.Fil, S.Th, karya fiksi dan non fiksi tidak dapat dibandingkan. Beranjak dari kasus tersebut, ketua KKN-PPL mengambil kebijakan untuk menggolongkan karya tulis menjadi 2 golongan, yaitu fiksi dan non fiksi dan kemuadian diambil 3 karya nilai tertinggi untuk tiap-tiap golongan.
Fiksi
Juara I                  :Bobby Noer Rizky W. (VII E)
Juara II                : Istiqomah (VII D)
Juara III               : Dea Devita (IX H)


Non Fiksi
      Juara I              : Ulyn Wakhiddatun (VII F)
Juara II             : Anggraeni (VII E)
Juara III           : Ella Puspitasari (VII F)




Festival Band
 Acara festival band merupakan acara yang paling ditunggu oleh siswa. Walaupu diselenggarakan pada hari puasa tangga 13 Agustus 2011, festival ini cukup meriah. Festival diikuti oleh 4 band yang terdiri atas kolaborasi antara kelas VIII dan IX. Dalam festival ini, juri penilai adalah Jafar Setyawan selaku mahasiswa ISI. Terdapat banyak penghargaan dalam fetival ini, hirarki nilai tiap band, dan the best untuk tiap instrumen.
Acara ini bertujuan memberikan wadah siswa untuk mengapresiasikan hobi dalam bermusik dan meningkatkan wawasan sehingga dapat memicu perkembangan kemampuan. Oleh karena itu, Eko Yudhis dan Rendi selaku mahasiswa praktikan seni musik mendatangkan bintang tamu band indi yang kualitas bermusiknya sudah tidak dipertanyakan lagi, band tersebut adalah IORY. Dalam proses pengundangan pun sangat mudah karena Eko Yudhis merupakan manajer dari IORY. Tujuan mendatangkan IORY adalah agar siswa-siswa dapat menlihat dan pada akhirnya memiliki motivasi lebih untuk meneladani band profesional. 
Juara I                         : Candy Band
Juara II                        : Mr. X 
Favorit  I                     : Eternity “215” 
Favorit  II                    : Lucifer 
The Best Drum           : Candy Band 
The Best Bass            : Mr. X 
The Best Guitar         : Candy Band 
The Best Vocal           : Candy Band 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar