Social Icons

Pages

Selasa, 10 Mei 2011

Tanya Jawab Perkuliahan Filsafat Pendidikan Matematikan (Dr. Marsigit)

Apakah filsafat itu mempelajari dirinya sendiri?
Filsafat itu terdiri dari tiga unsur pokok, Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Yang menjadi fokus pembicaraan adalah bagaimana kita memberikan pandangan bahwa filsafat yang terdiri atas tiga unsur tersebut bukan merupakan mitos belaka, namun mengarah ke logos. Melalui suatu kreativitas olah pikir maka kita dapat menarik hubungan antar ketiga unsur untuk mendapatkan substasi pemikiran yang lebih rinci,

Bagaimana cara menasehati agar temen mau sholat?
Menasehati agar teman mau sholat adalah suatu proses penasehatan yang menduduki tingkat kesulitan tertinggi. Hal tersebut dikarenakan penasehatan berkaitan dengan aspek spiritual. Coba kita cermati bagan dibawah ini,

Bagaimana agar bijaksana?
Sebenar-benarnya bijaksana hanyalah milik Tuhan, kecuali kebijaksanaan khusu yang diturunkan oleh Tuhan kepada Insan terpilih (Nabi, dll). Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa suatu kebijaksanaan hanya dapat kita raih sedekat-dekatnya tanpa bisa menyentuhnya. Dalam ilmu filsafat, suatu kebijaksanaan digolongkan menurut kapasitas ilmu yang dimiliki oleh individu. Oleh karena itu berilmulah, carilah ilmu sebanyak mungkin untuk meningkatkan kebijaksanaan dalam diri.

Seberapa krusial peran filsafat dalam pembenahan bangsa?
Pemimpin menggunakan filsafat dalam memimpin suatu bangsa. Dalam kondisi ini maka pemimpin akan berpikir secara logis tapi tetap seimbang dengan nurani. Kondisi yang terjadi saat ini para pemimpin bangsa sangat arogan. Jika dicermati cara bertindak mereka sangat logis, akan tetapi logis untuk tujuan yang bersifat kesukuan atau individu. Mereka melupakan behwa mereka hidup dalam naungan suatu bangsa yang berpegang teguh pada ideologi-ideologinya.
Pada setiap fakta, sedikit atau banyak pasti terdapat pemburaman atau bahkan kamuflase. Disini nampak bahwa para pemimpin belum berfilsafat dengan baik dalam menjalankan amanahnya. Karena filsafat adalan suatu pedoman hidup yang penuh keterbukaan dan jauh dari intimidasi.

Bagaimana cara memahami siswa?
Memahami siswa adalah sesuatu yang paling sulit dilakukan oleh seorang pengajar. Kadangkala pengajar dengan kapasitas ilmu yang mumpuni akan tetapi tidak dapat menggiring anaknya untuk mampu seperti dia.
Dalam proses pemahaman siswa, komunikasi menjadi faktor terdepan. Dimana guru dituntut untuk dapat membaur dan berkomunikasi dengan siswa. Upaya tersebut diharapkan guru dapat menyelami karakter siswa sehingga akan sangat membantu dalam penyikapan ketika proses belajar mengajar. Untuk strategi, kreativitas gurulah penentunya, oleh karena itu guru harus memiliki intuisi sehingga akan memudahkan dalam pemilihan strateginya.

Apakah dalang cilik relevan untuk ditonton kaum dewasa?
Jika bicara perihal relevansi dalang cilik untuk ditontong kaum dewasa makan jawabnya adalah relevan. Yang menjadi pembeda antara pokok bahasan anak-anak dan orang dewasa adalah tingkat pemahaman dan kreativitas dalam menyelesaikan masalah. Dalang cilik memaparkan cerita cenderung hanya sampai taraf ontologi, meniri dari apa yang telah dia lihat. Jika kita kembali ke masalah relevansi, relevansi itu ada akan tetapi kepuasan dari orang dewasa mengenai cerita tersebut yang menjadi masalah selanjutnya.

Bagaimana cara menghilangkan panik dan gugup?
panik dan gugup merupakan gangguan dalam hati dan pikiran kita. Pada umumnya disebabkan karena danya sesuatu yang mengganjal, atau bahkan dalam kasus-kasus tertentu orang gugup dan panik tidak mengetahui sebabnya, yang mereka tahu asal perasaan itu datang dari hati. Untuk antisipasi maka perlu adanya media sebagai pengeluar sumber-sumber penyebab. Media tersebut adalah doa, diamana doa merupakan energi positif yang dapat membenahi struktur dalam tubuh. Selain doa konsultasi pada orang yang tepat menjadi solusi lain. Dalam hal ini kenapa harus ditekankan pada orang yang tepat? Karena jika konsultasi dilakukan dengan orang yang tidak tepat bukan tidak mungkin beban dalam hati malah akan semakin bertambah.

Mengapa Syech Siti Jenar berfilsafat mengaku dirinya Tuhan?
Syech Siti Jenar melalui sebuah ritual hingga dia merasa dalam yang sangat khusuk sehingga dia merasa telah menyatu dengan Tuhan. Akantetapi pikiran dari Syech Siti Jenar tidak terkendali sehingga kesombongan menguasai pikirannya. Dalam kondisi ini setan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin sehingga muncul pengakuan tanpa kontrol dari Syech Siti Jenar bahwa dirinya adalah Tuhan




Tidak ada komentar:

Posting Komentar