Social Icons

Pages

Rabu, 25 September 2013

Refleksi Filsafat Ilmu 1



Bahasan Tentang Ghaib
Hubungan dunia ghoib dengan manusia cenderung masuk dalam ranah spiritual. Dimana sesuatu yang sulit kita jangkau dengan akal pikiran. Secara filsafat, ghoib dipandang sebagai suatu hal abstrak yang muncul dari akal pikiran. Membahas hal yang ghaib secara ekstensif yaitu manusia bisa menteremahkan semua hal yang dilihat secara luas adalah ghaib. Karena semuanya adalah ciptaan Tuhan yang Maha Ghaib. Sehingga kita harus menterjemahkan hakekat ghaib terlebih dahulu. Berdasarkan dari aspek psikologis, ghaib adalah segala sesuatu yang tidak bisa diketahui atau tidak tampak  sedangkan menurut   orang awam ghaib adalah hantu yang muncul di tempat-tempat tertentu. Sehingga dapat ditarik kesimpulan ghaib adalah segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. Gaib menurut spiritual adalah apa yang dikatakan ayat suci Al’Quran (dalam Islam) contohnya dalam kehidupan sehari-hari islam itu ada yang namanya shalat gaib.

Filsuf Bertanya Pada Siapa
Filsuf bertanya kepada yang ada dan yang mungkin ada, meliputi dunia lengkap beserta akhiratnya. Filsuf mengadakan yang mungkin ada supaya ada dipikiranmu. Sehingga filsafat untuk dirimu sendiri karena filsafatmu beda dengan filsafatku.pikiranmu berbeda dengan pikiranku. Sebuah kesalahan adalah kita belajar dalam kondisi wadah yang kosong  meminta untuk  diisi karena filsafat ilmunya sangat luas. Alat yang dipakai oleh para filsuf adalah bahasa analog, dimana bahasa tersebut dapat dijadikan jembatan untuk komunikasi antar dimensi.

Apakah itu Kebenaran?
Kebenaran dalam filsafat adalah bermacam-macam karena difilsafat selalu memandang kebenaran melalui berbagai dimensi dan metode. Kebenaran ditentukan melalui ruang dan waktu. Dimana dari sudut pandang lai kebenaran dapat dinilai dari aspek kontekstual.

Kenapa Saintism System Itu Bertolak Belakang Dengan Agama
Dalam filsafat jika sentralnya adalah Tuhan dan semua berangkatnya dari sana, itu adalah spiritualism. Sebenarnya bertolah belakang atau senada tergantung darimana memandang dan awal mulanya.  

Cara Belajar Filsafat
Filsafat adalah dunia, maka cara belajar filsafat itu berusaha mengadakan yang mungkin ada dengan cara banyak membaca. Namun memang dalam belajar dan membaca bacaan filsafat harus berhati-hati perlu hirarkis yang baik. Karena ketika tidak runtut maka akan membahayakan bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar