Social Icons

Pages

Kamis, 10 Maret 2011

PEMBELAJARAN MACAPAT SEBAGAI SARANA PENINGKATAN IMTAQ, PELESTARIAN BUDAYA DAN PEMBELAJARAN IPTEK

PEMBELAJARAN MACAPAT SEBAGAI SARANA
PENINGKATAN IMTAQ, PELESTARIAN BUDAYA DAN PEMBELAJARAN IPTEK
 (Studi Terhadap Pembelajaran Seni Suara MACAPAT
di SMA Negeri 1 Yogyakarta)

Oleh: Janu Arlinwibowo

ABSTRAK
             Karya Ilmiah ini disusun dengan tujuan untuk, Pertama mengetahui pengaruh mata pelajaran seni suara macapat terhadap peningkatan keimanan dan ketaqwaan(khususnya di dalam agama Islam) pada siswa, Kedua untuk mengetahui cara mengoptimalkan proses pembelajaran macapat, dan Ketiga untuk mengetahui cara menumbuhkan minat siswa untuk mempelajari seni suara macapat.
Karya tulis ilmiah ini menggunakan kajian diskriptif yang bertujuan untuk mendiskriptifkan tentang fenomena pembelajaran seni suara macapat yang penulis alami di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Adapun metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah: Pertama, Metode observasi yaitu pengamatan terhadap objek yang menjadi sasaran. Kedua, metode Studi Pustaka yaitu dengan cara melakukan kajian terhadap berbagai literatur yang sesuai dengan penelitian ini. Ketiga, metode wawancara yaitu pencarian informasi dari seseorang yang menguasai tentang bidang sasaran penelitian sesuai dengan keahlian. Metode analisis hasil menggunakan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, yaitu dengan menginterpretasikan terhadap data-data yang diperoleh.
Hasil analisis yang telah dilakukan, ada dua simpulan yang dapat dikemukakan yaitu, Pertama seni suara macapat berperan terhadap peningkatan keimanan dan ketaqwaan karena macapat macapat mengandung banyak ajaran kebaikan dan selaras dengan ilmu Islam, Kedua ICT merupakan sistem pembelajaran paling ideal untuk diterapkan pada pokok pembelajaran macapat karena dengan sistem ICT guru dapat mengajar dengan optimal dan memenuhi standar kopetensi yang telah ditentukan, dan Ketiga Pemberian kesempatan pada siswa untuk berunjuk kemampuan dan upaya pengembangan bakat merupakan sarana menumbuhkan minat dan motivasi bagi siswa untuk mempelajari seni suara macapat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar